Sunday 10 April 2016

Stok Darah Kosong

Darah Kosong RSUD Himbau Masyarakat Donor Darah

PARINGIN, - Ketersediaan stok di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan sering mengalami kekurangan sementara kebutuhan pasien terhadap darah jumlahnya cukup tinggi dan diprediksi jumlah kebutuhan darah terus bertambah.
"Rata-rata tiap hari kita membutuhkan 3 sampai 5 kantong darah untuk pasien," ujar direktur RSUD Balangan, drg Sudirman disela acara donor darah yang digelat di Aula kantor Bupati, Senin (14/3).
Sudirman mengakui, golongan darah
AB agak susah didapat sehingga sering terjadi kekosongan stock darah AB di RSUD.
Guna menyikapi kondisi kekurangan itu, lanjut Dirman pria ini dikenal, pihaknya rajin menganding Palang Merah Indonesia (PMI) setempat dalam mengelar donor darah bagi masyarakat umum.
"Kami bersama PMI rajin melakukan pengalangan donor darah. Upaya ini kami lakukan guna menanggulangi kekurangan stok darah," ungkapnya.
Selain itu, dirinya berharap, agar
masyarakat lebih peduli dengan kondisi ini dengan cara mendonorkan darahnya dengan sukare ke rumah sakit.
Minimnya kesadaran masyarakat yang mendonorkan darahnya menyebabkan permasalahan ini terus berlarut larut tak ada penyelesaian. Melihat kondisi ini Bupati OKI, Iskandar SE, meminta pihak rumah sakit untuk lebih aktif dan rutin melakukan donor darah sehingga Kabupaten OKI akan memiliki banyak stok darah. Bila tersedia stok, nantinya OKI bisa surplus darah dan mampu menyumbang ke daerah lain.
“Saya himbau kepada masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya. Langsung saja datangi RSUD Balangan karena sudah ada Unit Transfusi Darah (UTD) untuk proses donor darah," ungkapnya.
Selain UTD, menurur Dirman, di RSUD Balangan juga sudah tersedia fasilita Bank darah (untuk penyimpan darah) dan alat pemisah trombosit darah.
"Keberadaan UTD tidak akan menyaingi fungsi PMI. Keberadaannya justru membantu PMI untuk mengumpulkan darah dari para pendor," pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...