Sunday 10 April 2016

pendidikan Al- Quran di Bumi Sanggam





Rumah Tahfidz Siap Cetak Hafidz dan Hafidzah

PARINGIN,  Membumikan Al - Quran di Bumi Sanggam begitulah yang tersirat dalam acara Kajian Islam Bulanan yang dilakukan Program Pembibitan Penghafal Al-Quran (PPPA) Daarul Quran bekerjasama dengan  Rumah Tahfidz Kalsel, Minggu (28/2).
Acara yang berlangsung di Mesjid Darul Abror desa Awayan Hilir Kecamatan Awayan yang mengambil tema " Membangun Indonesia Dengan Al- Quran" ini dihadiri langsung oleh Bupati Balangan H Anshruddin dan diisi tausiah dari Ustad Ustad Jaya Rukmana yang berasal dari PPPA Darul Quran Jakartan serta Ustad Adlin Putra yang merupakan Ketua Rumah Tahfidz Kalsel.
Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, merasa bangga denga adanya Rumah Tahfidz di Balangan karena nantinya bisa mencetak hafidz hafidzah atau penghafal Al-Quran cilik.
"Rumah Tahfidz sarana untuk mencetak hafidz dan hafidzah cilik di Bumi Sanggam yang gilirannya akan menciptakan masyarakat Balangan yang Qur'ani," ungkapnya.
Untuk mendukung kegiatan ini, lanjut Anshar, Pemkab Balangan akan memberikan intensif bagi para pengajar Tahfidz Al Qur'an ini.
"Para guru Tahfidz akan kita beri intensif tiap bulan," janjinya.
Sedangkan ketua Rumah Tahfidz Kalsel, Ustad Adlin Putra mengungkapkan, hingga kini di Bumi Antasari ada sekitar 25 buah Rumah Tahfidz yang santrinya sudah mencapai ribuan.
"Rumah Tahfidz merupakan lembaga pendidikan Al-Qur'an sebagai miniatur pesantren yang diperkenalkan oleh pendirinya Ust. Yusuf Mansur dipertengahan 2011," jelasnya.
Keberadaan Rumah Tahfidz sendiri, menurut pria dari Tanah Laut ini, merupakan bagian untuk memenuhi kebutuhan lembaga yang ada seperti LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an), terhadap hafidz atau hafidzah yang selalu mencari dari daerah lain di saat perhelatan Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ).
"Keberadan Rumah Tahfidz tetap mengedepankan manfaat dan keberkahan serta kemampuan dari potensi dana sedekah masyarakat yang ada," jelasnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Rumah Tahfidz Istiqamah Balangan Syaiful Lizani menyampaikan, hingga kini di Balangan sudah ada tiga buah rumah tahfidz Istiqamah yang didirikan yakni, di Kecamatan Lampihong, Awayan dan Halong dengan jumlah santri terdaftar sebanyak 241.
"Rumah Tahfidz Istiqamah menjalankan program bimbingan intensif membaca Al-Qur'an dan bahasa  yang di khususkan bagi siapapun yang ingin membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar tidak terbatas hanya bagi anak-anak. Bagi mereka yang membacanya sudah baik maka di prioritaskan untuk menghafal Al-Qur'an di Rumah Tahfidz," pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...