Monday 11 April 2016

PDAM

PDAM Balangan Pilar Utama Penyedia Air bersih 

PARINGIN, Sebagai  salah satu fasilitas penyedia pelayanan  air bersih bagi warga Balangan, Perusahaan Daerah Air Minum  (PDAM) Balangan terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Komitmen kuat ini, oleh PDAM Balangan direalisasikan dengan kerja maksimal yang diwujudkan melalui pelayanan prima kepada seluruh pelangganya.
Menurut Plt direktur PDAM Balangan Sundoyo, keberadan PDAM Balangan  memiliki  peran yang sangat   strategis dimana bukan hanya sebatas sebagai penyedia air bersih tetapi didalamnya ada upaya mempercepat peningkatan      derajat kesehatan  masyarakat Bumi Sanggam. Peran strategis ini didapat karena PDAM adalah fasilitas kesehatan  yang  padat  tekhnologi.
Atas dasar itulah, menurut Sundoyo, PDAM sebagai perusahaan daerah diberi tanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem penyediaan air bersih serta melayani semua kelompok konsumen dengan harga yang terjangkau.
“PDAM bertanggung jawab pada operasional sehari-hari, perencanaan aktivitas, persiapan dan implementasi proyek, serta bernegosiasi dengan pihak swasta yang sepenuhnya untuk mengembangkan layanan kepada masyarakat,’’ bebernya.
Pengembangan pelayanan PDAM Balangan dibuktikan dengan peningkatan jumlah pelanggan. Peningkatan jumlah pelanggan ini terlihat jelas jika kita melihat pada awal pemisahan PDAM Balangan dari PDAM HSU tahun 2004 dimana pelanggan PDAMBalangan hanya berjumlah 2.489 SR dengan cakupan pelayanan 14.3% kini menjadi 14.778 RS dengan cakupan layanan sebesar 82%.
“Untuk pengembangan cakupan layanan ini kami berangi dengan peningkatan Kapasita pengolahan air bersih. Untuk kapasitas yang dimiliki PDAM Balangan sendiri, sekarang sudah 440 liter per detik yang menyebar di seluruh kecamatan dengan sistem pengolahan yang digunakan lengkap kecuali IKK Batumandi yang menggunakan sistem aerator, dengan sumber air baku yaitu air permukaan dan sumur. Untuk  kapasitas yang terpakai yakni, sebasar 310 lt/dt atau 70.0%,’’ jelasnya.
Dengan kapasitas yang ada ini, menurut Sundoyo,  seandainya wilayah Balangan tidak memiliki topografi yang beragam, maka PDAM Balangan sudah mampu melayani seluruh warga Balangan,’’ bebernya.
Lebih jauh, Sundoyo mengungkapkan, keberhasilan PDAM Balangan bukan hanya terletak pada sisi pelayanan terhadap masyarat Balangan yang menjadi pelangganya, tetapi juga terhadap kinerja pengelolaan sebagai sebuah perusahaan daerah.
Keberhasilan dalam pengelolaan perusaahn ini, kata Sundoyo, dibuktikan dengan hasil Audit 5 tahun terakhir (2010-2014) dari BPKP dan auditor independen (KAP) PDAM Balangan mendapat nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan, nilai baiak untuk audit kinerja dan nilai sehat pada tingkat kesehatan perusahaan.
“Bahkan, PDAM Balangan mendapatkan PERPAMSI AWARD Tahun 2013 sebagai PDAM Terbaik untuk kategori pelanggan hingga 10.000 pelanggan,’’ pungkasnya.(sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...