PDAM Balangan Pilar Utama Penyedia Air bersih
PARINGIN, Sebagai salah satu fasilitas penyedia pelayanan air bersih bagi warga Balangan, Perusahaan
Daerah Air Minum (PDAM) Balangan terus
berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Komitmen kuat ini, oleh PDAM
Balangan direalisasikan dengan kerja maksimal yang diwujudkan melalui pelayanan
prima kepada seluruh pelangganya.
Menurut Plt
direktur PDAM Balangan Sundoyo, keberadan PDAM Balangan memiliki
peran yang sangat strategis
dimana bukan hanya sebatas sebagai penyedia air bersih tetapi didalamnya ada
upaya mempercepat peningkatan
derajat kesehatan masyarakat Bumi
Sanggam. Peran strategis ini didapat karena PDAM adalah fasilitas
kesehatan yang padat
tekhnologi.
Atas dasar
itulah, menurut Sundoyo, PDAM sebagai perusahaan daerah diberi tanggung jawab
untuk mengembangkan dan mengelola sistem penyediaan air bersih serta melayani
semua kelompok konsumen dengan harga yang terjangkau.
“PDAM bertanggung
jawab pada operasional sehari-hari, perencanaan aktivitas, persiapan dan
implementasi proyek, serta bernegosiasi dengan pihak swasta yang sepenuhnya
untuk mengembangkan layanan kepada masyarakat,’’ bebernya.
Pengembangan
pelayanan PDAM Balangan dibuktikan dengan peningkatan jumlah pelanggan.
Peningkatan jumlah pelanggan ini terlihat jelas jika kita melihat pada awal
pemisahan PDAM Balangan dari PDAM HSU tahun 2004 dimana pelanggan PDAMBalangan
hanya berjumlah 2.489 SR dengan cakupan pelayanan 14.3% kini menjadi 14.778 RS
dengan cakupan layanan sebesar 82%.
“Untuk
pengembangan cakupan layanan ini kami berangi dengan peningkatan Kapasita
pengolahan air bersih. Untuk kapasitas yang dimiliki PDAM Balangan sendiri,
sekarang sudah 440 liter per detik yang menyebar di seluruh kecamatan dengan
sistem pengolahan yang digunakan lengkap kecuali IKK Batumandi yang menggunakan
sistem aerator, dengan sumber air baku yaitu air permukaan dan sumur.
Untuk kapasitas yang terpakai yakni,
sebasar 310 lt/dt atau 70.0%,’’ jelasnya.
Dengan kapasitas
yang ada ini, menurut Sundoyo, seandainya wilayah Balangan tidak memiliki
topografi yang beragam, maka PDAM Balangan sudah mampu melayani seluruh warga
Balangan,’’ bebernya.
Lebih jauh,
Sundoyo mengungkapkan, keberhasilan PDAM Balangan bukan hanya terletak pada
sisi pelayanan terhadap masyarat Balangan yang menjadi pelangganya, tetapi juga
terhadap kinerja pengelolaan sebagai sebuah perusahaan daerah.
Keberhasilan
dalam pengelolaan perusaahn ini, kata Sundoyo, dibuktikan dengan hasil Audit 5
tahun terakhir (2010-2014) dari BPKP dan auditor independen (KAP) PDAM Balangan
mendapat nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk laporan keuangan, nilai
baiak untuk audit kinerja dan nilai sehat pada tingkat kesehatan perusahaan.
“Bahkan, PDAM
Balangan mendapatkan PERPAMSI AWARD Tahun 2013 sebagai PDAM Terbaik untuk
kategori pelanggan hingga 10.000 pelanggan,’’ pungkasnya.(sugi)
No comments:
Post a Comment