Monday 11 April 2016

Pansimas

Pansimas Solusi Kebutuhan Air Bersih

PARINGIN, Untuk mengatasi keterbatasan PDAM Balangan dalam cakupan pelayanan yang disebabkan kondisi topografi wilayah Balangan Pemkab Balangan melalui Bappeda Balangan mengoptimalkan program Sarana Penyediaan air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).
Selama ini program PAMSIMAS sendiri sudah berjalan dengan baik, dimana sejak tahun 2008 hingga tahun 2015 lalu setidaknya sudah ada 102 buah desa yang terlayani air bersih berkat program PAMSIMAS ini.
“Dari program PAMSIMAS yang sudah berjalan di 127 desa yang tersebar disemua Kecamatan ini, sedikitnya  39.214 orang warga Balangan dapat menikmati air bersih,’’ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan, Akriani.
Program PANSIMAS sendiri, menurut Akhriani, bukan hanya sekedar memenuhi kebutuhan air bersih dan sanitasi warga, akan tetapi konsep yang ditawarkan program PAMSIMAS ini sangat baik dan sangat menjanjikan keberlanjutannya. Dimana proses awal perencanaannya sudah melibatkan masyarakat dan akan dimanfaatkan serta dikelola oleh masyarakat juga.
Lebih rinci, Akhriani mengurai, tujuan program Pamsimas adalah untuk meningkatkan akses layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran kota agar bisa  meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat.
Meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat;
Selain itu, menurut Akhriani, dalam pelaksanaan program PANSIMAS juga melibatkan kontribusi swadaya masyarakat, dimaksudkan sebagai wujud dari komitmen masyarakat warga dalam membangun kesadaran-rasa memiliki dan tanggung jawab sosial bersama terhadap kebutuhan meraka khususnya dalam bidang kesehatan yakni, lewat pemenuhan air bersih dan sanitasi yang baik.
"Karena itu, sebagai bentuk komitmen dan kepedulian kita terhadap program PAMSIMAS demi pemunuhan kebuthan air bersih dan sanitasi masyarakat, pemerintah daerah siap dan sanggup mengalokasikan dana APBD untuk mensupport program PAMSIMAS sebesar mungkin" pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...