Monday 11 April 2016

Gemar Membaca

Berbagai Kegiatan Warnai Pekan Gemar Membaca
PARINGI, Berbagai agenda lomba kesenian dan kegiatan turut digelar dalam rangkaian Agenda Acara Pekan Gemar Membaca yang digelar Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Balangan bekerja sama dengan berbagai pihak.
Acara yang dipusatkan di gedung Sanggam selama 5 hari sejak Senin 11 hingga 14 April mendatang ini, sedikitnya ada 11 kegiatan yang digelar diantaranya, lomba menggambar, bercerita, baca puisi tingkat pelajar, geleri pustaka, parade seni, mamanda hingga pelatihan jurnalistik bagi para pelajar pun turut serta dilaksanakan.
Penanggung jawab kegiatan Pekan Gemar Membaca, Syarif Ubaidilah mengungkapkan, kegiatan yang digelar ini merupakan bagian dalam rangka meningkatkan minat membaca masyarakat Bumi Sanggam, terutama para pelajar serta turut memeriahkan hari jadi Kabupaten Balangan ke 13.
Konsep acaranya sendiri menurut Kepala KPAD Balangan ini  yaitu, menggelar kegiatan yang berhubungan dengan meningkatkan minat baca dan mengundang ketertarikan warga untuk datang ke lokasi acara.
“Selain meningkatkan minat baca masyarakat, kita juga merencang kegiatan ini bisa menarik serta meningkat dunia seni dikalangan masyarakat khususnya bagi para pelajar dan guru,’’ bebernya.
Semoga dengan kegiatan Pekan Gemar Membaca ini, lanjut Ubaidilahbisa meningkatkan minat baca masyarakat. Karena tak bisa dipungkiri, antara minat membaca dan kecerdasan sangat erat kaitannya. Untuk menghasilkan generasi cerdas, sedari dini maka harus mencintai buku dan gemar membaca.
Terlebih, pada tahun 2019 mendatang, kata dia, telah dicanangkan gerakan Indonesia Gemar Membaca. Untuk itu, perlu ada upaya bersama terus menggalakkan gerakan gemar membaca ini.
"Khusus kegiatan pelatihan jurnalistik untuk pelajar, kami bekerja dengan para wartawan yang ada di Balangan. Pelatihan jurnalistik ini sendiri penting, menginggat di era globalisasi ini informasi itu sangat penting khususnya infomasi yang disediakan diberbagai media masa baik itu elektronik maupun cetak," ungkapnya.
Terakhir, dirinya mengatakan, kegiatan pakan gemar membaca yang diisi berbagai kegiatan ini KPAD bekerjasama dengan berbagai pihak diantaranya, Dewan Kesenian Daerah (DKD) Balangan, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Komunitas Wartawan Sanggam (KOWAS) serta yang lainnya.
“Semoga kegiatan ini menjadi momentum kebangkitan minat baca dan kesenian di Bumi Sanggam dan semoga kegiatan ini juga bisa menjadi agenda rutin tahunan,’’ pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...