Monday 11 April 2016

Rumah Potong Hewan

RPH Baru Akan Dibangun
PARINGIN,  Akibat Rumah Pemotongan Hewan (RPH)  yang ada di Batumandi tidak pernah digunakan sejak dibangun karena para peternak enggan menggunakannya. Kini Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Kabupaten Balangan akan membangun RPH baru di Kecamatan Lampihong.
Bahkan pihak dinas PTPHPP melalui bidang Peternakan tahun 2016 ini, sudah mengusulkan pembangunan RPH baru tersebut melalui dana Dana Anggaran Khusus (DAK) dengan pagu yang dianggarkan sebesar Rp 250 juta.
Dana sebesar Rp 250 juta ini sudah termasuk bangunan dan perlengkapannya.

"Usulan pembangunan RPH baru sudah dibuat di 2016, rencananya akan dibangun yang baru berlokasi di Kecamatan Lampihong," beber Kabid Peternakan Mahrita.
Disebutkannya, alasan dibangunnya RPH baru yang berlokasi di Lampihong karena selama ini, penjagal yang banyak ada di Lampihong dan Paringin.
"Hingga kini, Kami dalam proses penentuan lokasi untuk pembangunan RPH. Tapi yang jelas di Kecamatan Lampihong, nanti akan kami survei dulu dimana lokasi yang betuk-betul pas," ungkapnya.
Guna penentuan lokasi pembangunan RPH ini, menurut Mahrita, pihaknya terlebih dulu akan mengumpulkan para penjagal se Balangan untuk melakukan rapat.
"Kita akan undang para penjagal agar nantinya penempatan RPH benar-benar sesuai keinginan dan kebutuhan," pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...