Monday 8 August 2016

Warga Harapkan Job Fair




Warga Balangan Harapkan Job Fair



PARINGIN,  Jika daerah lain rutin tiap tahunnya mengelar Pameran bursa kerja (Job Fair) untuk sarana memfasilitasi warganya untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Tidak dengan Kabupaten Balangan, sejak bendiri sebagai sebuah Kabupaten 13 tahun yang lalu, hingga kini belum pernah sekalipun mengelarnya.

Padahal pelaksanaan Job Fair ini,  menjadi salah satu cara memfasiltasi secara langsung bagi warga yang belum mendapatkan pekerjaan dan membutuhkan pekerjaan sekaligus mengurangi jumlah pengangguran yang ada serta menjamin terjalin kerjasama yang solid antara pemerintah dengan pihak pengguna tenaga kerja.

Salah satu warga Balangan, Akmad Fadilah berharap Balangan mengelar Job Fair sebagaimana daerah lain.

Kalau ada Job Fair, kata warga Paringin ini, tentu cukup membant bagi warga yang belum mendapatkan pekerjaan dan membutuhkan pekerjaan.

“Paling tidak dengan adanya Job Fair kita para pengangguran merasa difasilitasi oleh pemerintah dalam mencari pekerjaan. Apalagi di Balangan, banyak perusahaan yang beroperasi, apa susahnya mengelar Job Fair,’’keluhnya.

Terkait belum pernahnya digelar Job Fair di Bumi Sanggam, Kabid Tenaga Kerja pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Balangan M. Johansyah. Z tidak menampik jika pihaknya belum pernah mengelar pemeran bursa kerja selama ini.

“Memang kita belum pernah mengelar Job Fair, tapi tahun kemarin pas pemeran hari jadi kita membuka lowongan kerja yang disediakan perusahaan dengan menampilkan daftar kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja,’’ ujarnya.

Selain itu, kata Johansyah, selama ini guna mefasilitasi para pencari kerja pihaknya memberitahukan laporan lowongan kerja yang disampaikan oleh perusahaan yang beroperasi di Balangan dengan membuat pengumuman secara langsung.

Terlepas dari itu, lanjut dia,  ada beberapa kendala yang dihadapinya pihaknya dalam memfasilitasi para pencari kerja yang ada di Balangan.

“Kita hingga kini belum mempunyai Petugas Pengawasan Ketenagakerjaan, Petugas Penyalur Ketenagakerjaan, Petugas Mediator Ketenaga Kerjaan sehingga penyeluran dan pengawasan tenaga kerja belum bisa maksimal.  Tidak adanya petugas khusus dibidang ketenagakerjaan ini karena para pegawai tidak ada yang berminat menjadi petugas khusus tersebut. Kita sudah pernah mengusulkan pengadaan petugas khusus ini. Tapi para pegawai tidak ada yang berminat lantaran waktu pelatihan yang harus diikuti cukup lama,"pungkasnya.(sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...