Monday 8 August 2016

Sistem Bioflok Jadi Rujukan










Sistem Bioflok Jadi Rujukan

PARINGIN, Sistem Bioflok yang diterapkan Balai Benih Ikan (BBI) Gunung Manau Balangan kini menjadi rujukan berbagai kalangan, tidak hanya di Kalsel namun juga luar provinsi.
Sembilan bulan berjalan sejak Agustus 2015 lalu, kini sistem Bioflok yang diterapkan BBI Gunung Manau menjadi pusat informasi tentang sistem Bioflok.
"Respon dari masyarakat sangat baik, instansi dan perusahaan berdatangan untuk belajar sistem ini ke BBI Gunung Manau. Banyak yang datang bahkan beberapa desa di semua kecamatan di Balangan juga datang, ada juga dari pelajar dan perguruan tinggi, bahkan dari Kaltim juga ada," ujar Kepala BBI Gunung Manau.
Kebanyakan yang datang ke BBI Gunung Manau, kata Arifin, mereka ingin mengetahui lebih luas seperti apa sistem Bioflok tersebut dan berencana menerapkannya.
Melihat besarnya minat masyarakat setempat untuk menerapkan sistem Bioflok dalam membudidaya ikan, pihaknya pun kata Arifin secara khusus melaksanakan pelatihan sejak awal tahun 2016 tadi dan sudah ada satu angkatan.
"Mereka mendapatkan materi tentang bioflok, sekaligus praktik langsung di lapangan," ujar Arifin.
Sebelum adanya sistem Bioflok ini Balai Benih Gunung Manau dulunya hanya mampu menghasilkan bibit ikan sebanyak 30 ribuan saja, kini dengan sistem Bioflok ini sudah mencapai dua kali lipat.
"Dengan sistem Bioflok ini, sudah saatnya swasembada ikan di Balangan bisa terwujud," pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...