Monday 8 August 2016

Penyakit Tidak Menular Sebabkan 63% Angka Kematian

Penyakit Tidak Menular Sebabkan 63% Angka Kematian


PARINGIN,  Angka kesakitan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular mencapai 63%. Untuk itu, perlu deteksi  dini untuk menekan permasalahan kesehatan tersebut.
Untuk memperkuat deteksi  dini Dinkes Balangan menyelenggarakan pelatihan Kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM),
Selasa (26/7) kemarin.
Menurut kepala Dinkes Balangan, Humam Arifin, pembentukan dan pelatihan Posbindu PTM ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya pengendalian faktor risiko secara mandiri dan berkesinambungan.
“Posbindu PTM ini merupakan kepunyaan masyarakat, dari, oleh dan untuk masyarakat, yang dilaksanakan oleh kader dibantu dan di bimbing oleh petugas kesehatan,” ungkapnya.
Posbindu PTM sendiri, lanjut Humam, merupakan program yang digagas Kementerian Kesehatan untuk mengendalikan dan mendeteksi dini sejumlah penyakit tak menular, misalnya, penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes melitus, kanker, dan penyakit paru obstruktif kronis.
“Pelatihan ini diikuti 55 kader Posbindu PTM  perwakilan wilayah kerja Puskesmas se Balangan. Diharapkan setelah pelatihan ini para kader akan mampu mengelola Posbindu PTM di desanya masing-masing," pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...