Monday 8 August 2016

Banyak Siswa Baru Akui Pernah Konsumsi Narkoba

Banyak Siswa Baru Akui Pernah Konsumsi Narkoba
PARINGIN,  Peredaran gelab Narkoba sudah sangat mengawatirkan, ini dibuktikan dengan pernyataan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan. Dari hasil kunjungan pihaknya  sekolah, sejumlah murid baru mengakui pernah mengkonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang.
"Dari kunjungan kami kesekolah, ada saja murid baru yang mengaku pernah mengkonsumsi Narkoba.
Bahkan 39 dari 170 siswa baru salah satu SMA di Balangan mengakui pernah mengkonsumsi obat-obatan terlarang mulai dari zenith hingga sabu-sabu," beber Kepala BNN Balangan AKBP Abdul Muthalib.
Sedangkan di salah satu Madrasah Aliyah Negeri (MAN), lanjut Muthalib, dari 60 siswa baru delapan di antaranya secara blak-blakan mengaku pernah menyalahgunakan obat yang masuk daftar G tersebut.
"Dan untuk tingkatan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), sepuluh dari 65 siswa kelas IX yang diwawancarai secara terbuka menyatakan pernah mencoba zenith bahkan hingga hampir candu," ungkapnya.
Menyikapi permasalahan ini, pihaknya kata mantan Wakapolres Balangan ini, terus akan berupaya  melakukan pencegahan penyalahgunaan Narkoba diusia sekolah dengan melibatkan lembaga kependidikan terutama sekolah-sekolah.
Selain itu, lanjutnya, juga akan melakukan rehabilitasi rawat jalan kepada anak-anak yang mengaku tersebut sesuai kemampuan, baik dari tenaga hingga dana yang dimiliki oleh BNN Balangan.
Untuk itu ia mengajak semua pihak khususnya pemerintah dan masyarakat serta orang tua siswa ini, agar bersama-sama membentengi anak-anak penerus generasi bangsa ini dari penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya.
"Pengakuan anak-anak ini patut kita apresiasi dan ditindaklanjuti secara bersama. Agar masalah ini jangan berlarut-larut dan menimbul masalah baru," pungkasnya. (sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...