Monday 8 August 2016

Angka Pencari Kerja Masih Tinggi

Angka Pencari Kerja Masih Tinggi

PARINGIN,  Angka pencari kerja di Balangan masih tinggi, dimana hingga akhir Juli lalu sedikitnya ada 773 orang tercatat membuat kartu pecari kerja (AK1 atau kartu kuning) di Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Balangan.
“Ada 773 orang yang mengurus AK1 atau kartu kuning,” kata Kabid Tenaga Kerja pada M. Johansyah. Z, Selasa (2/8) di kantornya.
Dari 773 pencari kerja ini, kata Johansyah, 52 orang diantaranya sudah mendapat pekerjaan.
Untuk jumlah pencari kerja sendiri, lanjut dia, tentu bertambah banyak jika dikalkulasikan dengan jumlah pencari kerja tahun sebelumnya yang belum mendapat kerja.
"Untuk mempermudah para pencari kerja kami selalu memberitahukan laporan lowongan kerja yang disampaikan oleh perusahaan yang beroperasi di Balangan bagi mereka pencari kerja," bebernya.
Terkait lowongan kerja yang disampaikan perusahaan ini, menurut Johansyah, merupakan sebuah kewajiban bagi perusahaan.
"Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) No.4 Tahun 1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan. Jadi, perusahaan wajib melaporkan jika ada kesempatan kerja di perusahaannya,” tegasnya.
Ia menambahkan, dalam pasal 2 Keppres No.4 Tahun 1980 tersebut dijelaskan bahwa setiap perusahaan wajib melaporkan secara tertulis ke instansi terkait apabila ada lowongan pekerjaan.
“Selain itu, bagi perusahaan yang sudah menerima tenaga kerja dapat juga harus melaporkan ke Dinsosnakertrans Balangan sehingga bisa terdata berapa jumlah pencari kerja yang sudah mendapat pekerjaan,” pungkasnya.(sugi)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...