Saturday 11 February 2017

Waluh Diulah Bolu



Untuk memaksimalkan Sumber Daya  Manusia (SDM) yang handal bagi lulusannya, SMAN 1 Juai selain fokos memajukan bing akademik dan kreatifitas siswa, juga mengembangkan keterampilan siswanya dalam pemanfaatan hasil kebun sekolah berupa tanaman khas lokal. 
Ketua adiwiyata SMAN1 Juai Nasdianur Irawan mengungkapkan, pengembangan kreatifitas siswa dalam mengolahan pangan lokal dari kebun sekolah merupakan sarana memperluas pengetahuan para siswa.
Selain itu, kata Nasdi, hal ini juga tak terlepas dari letak geografis sekolah yang banyak tanaman labu, atau yang biasa dikenal warga sekitar dengan sebutan waluh.

“Selain pengembangan daya kreatifitas, ini juga sebagai bagian dari program adiwiyata yang bekerja sama dengan Adaro dan BLHK Balangan yang tengah kami jalankan,” ungkapnya.
Jika selama ini, lanjut dia, Waluh hanya dijual secara langsung maka kini memanfaatkan untuk dijadikan bolu, dengan tujuan untuk memanfaatkan tanaman waluh menjadi sesuatu yang berbeda dari yang biasa diolah masyarakat pada umumnya.
Kepala SMAN 1 Juai Rakhmiati menuturkan, pembuatan bolu waluh ini merupakan pemberian keterampilan bagi siswa agar bisa mengembangan potensi lokal yang ada.
“Kami dari pihak sekolah tentunya selalu memfasilitasi kegiatan positif seperti ini dan berharap kedepan para siswa tertarik untuk mengembangkan olahan makanan berbahan dasar buah lokal," ujarnya.
Salah satu siswi, Siti Norhasanah, mengaku senang karena sudah bisa mengolah bolu waluh ini, ditambah juga sudah dilatih dalam hal pembuatan.
“Semoga ke depan kita mampu mengembangkannya dan bisa berbagai dengan masyarakat bagaimana mengolah makanan berbahan dasar buah lokal," pungkas

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...