Saturday 11 February 2017

Balangan Kedatangan Tim Restorasi Gambut

Gambut Balangan Siap di Restorasi Pemkab Balangan mengelar Rapat koordinasi bersama Tim restorasi Gambut Daerah ( TRGD) propinsi Kalsel untuk membahas penanganan kebakaran lahan gambut khususnya dikabupaten Balangan.

Rapat yang digelar diaula benteng Tudakan Setdakab Balangan ini dihadiri juga oleh Kapolres Balangan, AKBP Moh Zamroni , Dandim 1001 , letkol Arya S Saleh ,Balai Rawa region KalPerwakilan  Badan Restorasi Gambut Tim Restorasi Gambut Daerah Kalsel dan Unsur SKPD Terkait,

Ketua TRGD provensi KalseL , saut nathan samosir menyampaikan TRGD dibetuk bedasarkan tindaklanjut hasil pertemuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta

"Tim ini merupakan bentukan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor  telah memerintahkan  untuk membentuk Tim Restorasi Gambut  ditingkat Provinsi,
tim restorasi gambut  ditingkat  provinsi guna mempercepat program perbaikan lahan gambut, dan menghindari dampak negatif yang ditimbulkan "jelasnya.

Terkhusus Kabupaten Balangan, Pihaknya akan melakukan pemetaaan wilayah gambut yang nantinya akan dimasukkan dalam Restorasi lahan.

Dalam Kesempatannya Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan  kebakaran hutan dan lahan gambut merupakan masalah yang pelik dan cukup sulit untuk diatasi sehingga mengapresiasi terlaksananya rapat terfokus ini.

Ia mengatakan, penanganan lahan gambut melalui restorasi merupakan langkah tepat dan efektif sehingga tidak lagi mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan setiap tahun.

“Kebakaran hutan dan lahan membuat banyak dampak buruk baik kesehatan maupun gangguan terhadap aktivitas masyarakat sehari-hari sehingga sangat merugikan,” ucapnya.

Menurutnya , Masyarakat balangan pasti masih ingta buruknya bencana kabut asap tahun 2015 lalu dan terulang 2016, hal ini tentunya memnjadi penting adanya TRGD yang diharapkan mampu mengantisipasi kebakaran lahan.

Bupati Menilai pemahaman dan upaya restorasi gambut ini sangat dibutihkan dibalangan karna sebagian lahan dibalangan ini juga gambut."Kami berharap jika semua sama-sama memahami pentingnya restorasi gambut dan langkahnya maka bencana alam mampu dicegah dan sekaligus melestariakan fungsi dan potensi gambut dikabupaten Balangan"Pungkasnya.

Dalam Kegiatan tersebut juga dihadirkan , Narasumber  kepala balai rawa parlinggoman Simanungkalit, ST, MPSDA dan dilakukan pemaparan dari penanganan sementara dari polres Balangan.

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...