Saturday 11 February 2017

Bupati Wajibkan Pejabat Terlibat Dalam Pembinaan Desa

Bupati Wajibkan Pejabat Terlibat Dalam Pembinaan Desa
 
Untuk mengoptimalkan pengembangan dan pembangunan desa, Bupati Balangan H Ansharuddin akan mengintruksikan setiap pejabat dilingkungan Pemkab Balangan terlibat langsung dalam pembinaan desa.
Kewajiban para pejabat dalam pembinaan desa ini direncanakan akan dituangkan dalam bentuk produk hukum yakni, Peraturan Daerah (Perda) yang kini secara teknis sudah mulai dirancang dan secepatnya akan disahkan. Dengan adanya Perda ini, maka setiap pejabat mulai dari kepala dinas hingga camat akan dibebani agar terlibat dalam pembinaan desa yang akan diserahkan kepadanya.
“Jadi nanti tiap kepala dinas, Kabid hingga Camat akan mendapat jatah desa yang akan dibinannya,’’ ujar Ansharuddin beberapa waktu lalu.
Bentuk pembinaan sendiri, kata Anshar, bisa dalam bentuk pengawasan maupun pengarahan program pembangunan yang tengah berjalan di desa serta, juga turut mengterintegrasi program dinas yang ia pimpinan dengan program desa yang tengah berjalan.
Saat ini, lanjut mantan Wabup Balangan dua periode ini, teknis pelaksanaan pembinaan desa oleh para pejabat lingkup Pemkab Balangan ini masih dalam tahap penyusunan. Setelah selasai baru diajukan ke DPRD Balangan untuk dikaji dan disahkan menjadi sebuah Perda, perda inilah nanti yang akan mengatur bagaimana teknis pembinaan yang dilakukan para pejabat terhadap desa binaannya.
“Secepatnya kita akan ajukan untuk dikaji dan disahkan menjadi Perda, setelah itu baru dilaksanakan,” bebernya.
Dengan terlibatnya para pejabat dalam pembinaan desa ini, menurut dia, diharapkan pembangunan desa semakin cepat terwujud khususnya lewat terintegrasi program kerja dinas dengan apa yang diprogramkan didesa. Dengan begitu, ada kesamaan konsep pembangunan dan dukung mendukung  program kerja.
“Pembinaan yang melibatkan para pejabat bentuk perhatian untuk lebih memajukan desa, semoga dengan demikian pembangunan desa semakin maju dan potensi yang dimilki desa juga bisa tumbuh dan berkembang,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...