Wednesday 7 June 2017

Longsor 5 Rumah Warga Alami Kerusakan
 

Akibat naiknya debit air sungai Batang Balangan, longsongsor sepanjang puluhan meter dan tinggi sekitar 1 meter yang terjadi di Desa Buntu Karau Kecamatan Juai mengakibatkan 5 buah rumah bagian belakang milik warga sekitar ikut rusak, akibat ambruk, subuh Jumat (26/5/2017).
Beruntung ambruknya bagian belakang rumah warga ini, tidak terlalu parah dan memakan korban jiwa hanya mengambrukan bagian belakang yang rata-rata digunakan warga sebagai dapur dan wc.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Alive Yoes Love mengatakan, longsorng terjadi sekitar jam 5 pagi dengan jumlah rumah yang terkena dampak sebanyak 5 buah.
Kelima buah rumah tersebut, kata Alive masing-masing milik, Juhran, Yamuna, Tiwara, Hamsi dan Tasiah. Dengan jumlah 14 jiwa yang terdiri dari 5 kepala keluarga.
“Longsor diakibatkan hujan deras sehingga merembesnya air kedalam tanah dibantaran sungai hingga terkikis dan longsor,’’ ujar Alive.
Meski tidak korban jiwa, menurut Alive, kerugian dari kerusakan lima buah rumah yang dialami warga diperkirakan sebesar Rp 50 juta lebih.
Sementara ini, kata Alive, pihaknya sudah memberikan bantuan berupa bahan sembako dan keperluan lainnya bagi kelima kepala keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan.
Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga meminta warga untuk waspada terhadap terjadi longsor susulan, khususnya bagi warga yang rumahnya berada persis di pinggir sungai.
“Kami menghimbau agar warga selalu waspada terhadi terjadi longsor terlebih saat debit air naik, karena longsor rawan terjadi saat seperti itu. Selain itu, kami juga meminta masyarakat melaporkan jika ada tanda-tanda lingkungan disekitarnya rawan banjir,’’ pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...