Wednesday 7 June 2017

33 Desa Laksanakan Pilkades Serentak 2 Oktober 




Sebanyak 33 desa di Delapan Kecamatan di Kabupaten Balangan akan mengelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 2 Oktober mendatang.
Pelaksanaan Pilkades serentak ini, sejak bulan Juni ini sudah memasuku tahapan yakni, pembentukan panitia pemilihan kepala desa yang diserahkan kepada Desa masing-masing yang akan melaksnakan Pilkadis.
“Kami sudah membuat surat edaran bagi agar desa yang melaksanakan Pilkades pada 2 Oktober mendatang segara membuat panitia pemilihan kepala desa,’’ ujar Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Balangan, Isdiansyah pada hari Selasa (6/6/2017).
Untuk anggaran pelaksanaan Pilkades sendiri, menurut Isdiansyah, sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah daerah, namun bisa juga ditambah dengan anggaran dana desa tapi terbatas hanya untuk meningkatkan partisipasi pemilih bukan terkait biaya pelaksanaan.
Peningkatan partisipasi pemilih ini, menurut dia, bisa dalam bentuk pemberian snack bagi para pemilih saat melaksanaan pencoblosan pada pelaksaan Pilkades. Intinya peningkatan partisipasi pemilih, ini bisa mengunakan dana desa dan inipun sifatnya hanya mendukung bukan utama.
Untuk jumlah dana yang disediakan pihaknya untuk Pilkades sendiri, dia mengakui tidak ingat persis berapa jumlah nominal pasnya. Tapi yang jelas lebih dari setangah Milyar rupiah.
“Tiap desa itu minimal 18 juta anggarannya dan tergantung jumlah pemilih, semakin banyak pemilihnya maka semakin besar anggarannya. Kalau kita hitung rata-rata 18 juta per desa, maka dari 33 desa ini sudah dibutuhkan anggaran sebesar 560 juta,’’ ungkapnya.
Namun lanjut dia, untuk besaran anggaran tiap desa berbeda tapi untuk yang paling besar anggarannya sekitar 27 juta dan terendah 18 juta.
“Paling besar anggaran pelaksanaan Pilkades adalah Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai yakni, 27,620 juta dengan jumlah pemilih 1460 jiwa dan yang paling rendah desa Aniungan dengan anggaran 18 juta dan jumlah pemiih hanya 160 jiwa,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...