Wednesday 7 June 2017

Koleksi 500 Jenis Angrek


Kecintaannya yang begitu mendalam pada anggrek membuat pria paruh baya ini rela mendedikasikan sebagian waktunya untuk tanaman bunga cantik dengan aneka jenis dan warna itu.
Bermodalkan garasai dan halaman rumahnya sebagai wadah pelestarian angrek milikinya, Fahmi Wahid yang lahir pada 3 Agustus 1964 silam ini, dengan penuh kesabaran tiap hari dirinya mempelajari dan memelihara berbagai jenis anggrek untuk dibudidaya atau dikembangkan.
Selain itu, Ia juga tak pernah berhenti menularkan dan mempopulerkan anggrek pada semua orang termasuk melakukan jual beli angrek untuk tujuan pelestarian.
“ada sekitar 500 jenis anggrek yang saya pelihara dengan tujuan bisa tetap lestari,” ujar Fahmi yang juga seorang penulis buku seni puisi ini.
Ketertarikannya membudiyakan atau memelihara angrek, menurut ayah tiga anak ini, tidak terlepas rasa cintanya kepada kekayaan hutan meratus yang didalamnya terdapat ratusan jenis angrek.
Mengumpulkan angrek, menurut dia, bukan hanya sekedar mengambil angrek di hutan tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar akan pentingnya kelestarian lingkungan termasuk tanamam angrek.
“makanya setiap kali saya mengambil angrek di hutan, indukan angrek tetap dibiarkan hidup. Inilah yang saya tanaman kepada masyarakat sekitr,” ungkapnya.
Dengan begitu, menurut dia, kelestarian angrek tetap terjaga dan masyarakat sekitar juga mendapat menfaat dengan menjual angrek tanpa merusak atau menghabiskannya.
Hal ini pun, lanjut Fahmi, yang dia lakukan sekarang. Selain mengoleksi untuk melestarikan dirinya juga saling tukar menukar angrek dengan sesama pecinta angrek agar jumlahnya semakin banyak.
Selain itu, menurut dia, tiap anggrek yang ada ditempatnya selalu di dokumentasikan lewat foto dan dipublikasikan di media sosial.
“Tujuan saya cuman satu, agar kelestarian dan kekayaan angrek yang kita miliki ini tetap tetap terjaga. Kalau pun itu bisa mendatangkan duit, itu hanya bonus lain yang bisa didapat,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...