Sunday 23 April 2017

IBI Balangan Buka Kelas Bumil

IBI Balangan Buka Kelas Bumil

PARINGIN – Menyambut hari Kartini, para bidan di Kabupaten Balangan, laksanakan  kelas ibu hamil serentak di seluruh Puskesmas se Kabupaten Balangan.
Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Balangan yang ditemui di Puskesmas Paringin Selatan, Jumat (21/4) mengungkapkan, kegiatan ini memang dirancang oleh kementerian kesehatan RI agar dilaksanakan tepat di hari Kartini 21 April 2017, dan profesi bidan dipercaya untuk melaksanakannya.
"Bidan selain dikenal sebagai profesi yang membantu dalam pertolongan persalinan, juga identik dengan wanita, sehingga kalau dihubungkan dengan Hari Kartini, momennya pas," ungkapnya.
Ditambahkannya, kegiatan yang dilaksanakan ini sangat sejalan dengan perjuangan Kartini yaitu meningkatkan pengetahuan, merubah sikap, perilaku, dan tanpa mengesampingkan hakikatnya sebagai wanita yang mengurus tangga, serta ikut berperan dalam menyejahterakan keluarga.
"Kegiatan ini diberi nama kelas Ibu Hamil, yaitu program kelas khusus bagi ibu hamil dengan tujuan untuk mengedukasi ibu dan keluarga, serta memberikan pengetahuan seputar penggunaan alat KB," tukasnya.
Sementara itu, Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten, Ainun Faridah menambahkan, dalam kelas ibu hamil ini, selain pemberian pengetahuan seputar kehamilan dan pasca persalinan, peserta juga diberikan pemahaman mengenai pentingnya Inisiasi Menyusui Dini (IMD).
"Bahkan kami juga memberikan pengetahuan seputar perawatan kesehatan pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, dan pengetahuan selama menjalani masa kehamilan dan setelah persalinan,” jelasnya.
Kabid Kesmas yang sebelumnya  merupakan seorang bidan desa ini menjelaskan, kelas ibu hamil juga bisa sebagai sarana ibu hamil untuk mendapatkan teman saling berbagi, sehingga nantinya bisa menghadapi persalinan dengan aman dan nyaman. (why)



No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...