Sunday 23 April 2017

Patelki Kenalkan Tenaga Laboratorium Medis

Patelki Kenalkan Tenaga Laboratorium Medis
PARINGIN - Sambut Hari Jadi ke-31 Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (Patelki), Analis Kesehatan Kabupaten Balangan kenalkan Tenaga Laboratorium Medis (TLM) yang mampu mendeteksi berbagai penyakit.
Kegiatan dengan tajuk Pekan Tenaga Laboratorium Medis Deteksi Dini Penyakit Kencing Manis/Diabetes Melitus ini sendiri, dilaksanakan di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan Jumat (21/4).
Ketua Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (Patelki) Kabupaten Balangan Akhmad Rahimi mengungkapkan, kegiatan Pekan  TLM ini selain dilaksanakan untuk menyambut hari jadi Patelki setiap tanggal 26 April, juga sebagai sarana berbagi dalam hal pencegahan penyakit, serta bertujuan untuk lebih mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai profesi tenaga laboratorium.
Ditambahkannya, TLM atau Analis Kesehatan adalah profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.
“Untuk lebih mensosialisasikan profesi ini kepada masyarakat, maka Pekan TLM ini diadakan serempak di seluruh Dewan Perwakilan Cabang Patelki yang ada di berbagai daerah di Indonesia,” ungkapnya.
Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan Pekan TLM ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2015 setiap bulan April, sedangkan di Kabupaten Balangan baru bisa dilaksanakan pada tahun ini.
“Untuk itu, maka kami memulainya dengan jenis pelayanan pemeriksaan seperti ini, untuk mendeteksi penyakit kencing manis dengan sasaran para Aparatur Sipil Negara di Pemkab Balangan. Semoga ditahun-tahun selanjutnya bisa lebih baik lagi,” harapnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Patelki Kabupaten Balangan Mahlita menambahkan, bahwa selama ini profesi Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) kurang dikenal, masyarakat lebih mengetahui profesi medis lainnya seperti dokter, perawat, apoteker, bidan dan lain-lain.
Padahal kata dia, untuk negeri sebesar Indonesia ini, profesi ATLM sangat lah dibutuhkan.
Terpisah, Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, M Noor, yang turut hadir di tempat tersebut membenarkan bahwa memang dengan menggunakan pemeriksaan laboratorium, segala macam penyakit dapat dideteksi secara dini. (why)

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...