Saturday 22 April 2017

KNPI Tanam Pohon Peringati Hari Bumi

KNPI Tanam Pohon Peringati Hari Bumi

Kawasan pinggiran sungai Batang Pitap di desa Gunung Batu Kecamatan Tebing Tinggi, menjadi tempat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Balangan melakukan aksi tanam pohon bersama dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, yang jatuh Sabtu (22/4) kemarin.

Aktifitas penghijauan yang diselenggarakan KNPI ini melibatkan berbagai komunitas dan organisasi yang ada di Bumi Sanggam berlangsung meriah karena diikuti sekitar 80an peserta.

Ketua DPD KNPI Balangan Nurdian Wahyudi mengungkapkan,  kegiatan ini merupakan bentuk kampanye menjaga hutan dan lingkungan sebagai sumber penghasil oksigen dan sumber air. KNPI mengajak seluruh kaum muda, utamanya pelajar untuk menjaga hutan dan lingkungan.

Selain itu, kata Nurdian, aksi ini juga bagian dari upaya KNPI dalam mengempanyekan pentingnya kawasan badan sungai sebagai daerah penyangga longsor dan banjir.

"Sungai dan kawasan badan sungai sangat penting keberadaannya. Untuk itu perlu kita jaga bersama dan kami KNPI selalu berusaha turut serta melestarikan dan menjaganya," bebernya.

Lewat momentum hari bumi ini, lanjut Nurdian, pihaknya ingin mengajak para pemuda dan masyarakat umum  untuk mengenal alam, menguji kepeduliannya dan turut menjaga kelestariannya.
"KNPI akan menjadi barometer pemuda dalam berkarya, tentunya berkarya yang positif dan berguna bagi masyarakat sekitar. Kita akan selalu berusaha menjadi terdepan dalam membangun karakter pemuda Indonesia termasuk lingkungan hidup," jelasnya.

Untuk diketahui, dalam penghijauan ini ada sebanyak 500 bibit tanaman yang ditanam. Diantaranya ada tanaman lokal yakni, pohon Lowa yang merupakan tanaman hutan khas pinggir sungai, bibit pohon Lowa tersebut hasil dari pembibitan yang dilakukan oleh komunitas pengiat alam bebas TADAS (Trekking Adveture Alam Sungsum) yang merupaka komunitas pecinta alam asal Kecamatan Tebing Tinggi.

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...