Monday 10 April 2017

TP PKK Balangan Juara I Lomba IVA TEST



Paringin, Kerja keras jajaran TP PKK Kabupaten Balangan untuk meraih juara dalam lomba yang digelar TP PKK Provinsi Kalsel dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 Tahun 2017 tingkat Provinsi Kalsel, membuahkan hasil. Dari lima perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya lomba tertib administrasi PKK, PKDRT, UP2K PKK, HATINYA PKK dan IV A TEST, TP PKK Balangan berhasil meraih juara I (pertama, red) lomba IV A TEST dengan nilai 397 sementara juara II diraih PKK Banjarmasin dengan nilai 392 dan juara III PKK Tabalong dengan nilai 347.
Untuk diketahui, IVA (Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. IVA merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5 persen.
Penyerahan penghargaan atas prestasi yang diraih TP PKK Kabupaten Balangan itu, dilakukan oleh Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Janah Sahbirin Noor, dan diterima langsung oleh Ketua TP PKK kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin pada peringatan puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 45 Tahun 2017 tingkat Provinsi Kalsel, di Halaman Kantor Bupati Balangan, Sabtu (8/4) kemarin, bertepatan dengan acara puncak Harjad kabupaten Balangan ke 14.
Menurut Hj Nursidah Ansharuddin, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi TP PKK Provinsi yang menilai kegiatan yang dilaksanakan TP PKK Balangan berjalan dengan baik dan berhasil. “Alhamdulillah kita mendapat apresiasi disalah satu lomba, terima kasih banyak untuk semua anggota TP PKK Balangan atas kerjasama dan kerja kerasnya” ujarnya.
Sementara, Ketua TP provinsi Kalsel Hj Raudatul Janah Sabirin Noor menyatakan, sebagai Ketua TP PKK tingkat provinsi Kalsel, ia akan selalu berusaha mendorong setiap daerah untuk berinovasi pengembangkan kreatifitas program sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah masing-masing.
“Ciptakan ide-ide inovatif seraya kembangkan jalinan kerjasama dengan mitra kerja PKK dalam rangka pengembangan dan akselerasi program-program PKK,” katanya dalam sambutannya di kegiatan HKG PKK di Balangan.
Selain itu, Istri orang nomor di Kalsel ini juga menginginkan, TP PKK se Kalsel untuk membuat program pelatihan teknis dan manajerial, dengan tujuan agar semua anggota TP PKK mengetahui, bersedia dan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya.
Raudatul juga menghendaki, melalui tema kegiatan “Dengan HKG ke 45 tahun 2017, Kita Lakukan Akselerasi Program-Program PKK untuk Mewujudkan Visi dan Misi Gerakan PKK”, seluruh TP PKK bisa memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK, termasuk kader Dasawisma.
Diakhir sambutannya, istri Paman Birin itu mengingatkan agar sejumlah program kerjasama yang telah dilaksanakan perjanjiannya dengan beberapa kementerian, hendaknya dilaksanakan (dijalankan, red) sampai di tingkat daerah dan diakselerasikan, dipercepat dan disukseskan bersama-sama.
“Saya himbau agar dalam pelaksanaan program-program PKK sedapat mungkin mengurangi program yang bersifat seremonial. Kita perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam melaksanakan program-programnya, tapi kita sesuaikan dengan skala gerakan PKK,” pungkasnya. (jun).

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...