Tuesday 11 April 2017

Balangan Rencanakan Bangun Kebun Raya

 Kepala Balitbangda Akriani menadatangani Mou Pemkab Balangan dengan Kebun Raya Bogor untuk pembangunan Kebun Raya dikabupaten Balangan disaksikan Bupati Balangan H ansharuddin dan Gubernur kalsel H Sabirin Noor.


Balangan Rencanakan Bangun Kebun Raya


Potensi kawasan hutan yang balangan yang mencapai total luas secara global 182.611 hektar terdiri dari kawasan hutan 83.75689 terbagi dua fungsi yakni fungsi produksi seluas 24.248,6 dan fungsi lindung seluas 59.508,3  hektar, menjadi alasan kuat kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ini untuk mengelola, memafaatkan dan melestarikannya sebaik mungkin.


Salah satu pengelolaan kawasan hutan ini, Pemkab Balangan berencana membangun sebuah Kebun Raya, niatan penetapan kawasan hutan sebagai kebun raya ini ditandai dengan  dilakukannya penadatangan Mou antara Pemkab Balangan dengan lembaga Institur Penelitian indonesia ( LIPI ) Bogor saat peringatan Puncak Hari Jadi Balangan ke 14 Sabtu (8/4) lalu.

Penandatangan dilakukan langsung oleh Bupati Balangan H Ansharuddin dan kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), Akhriani serta Deputi I Lipi Jakarta dan kepala Pusat Konservasi tumbuhan kebun Raya Bogor.

Rencananya kebun Raya dikabupaten Balangan akan dibangun seluas 5 hektar yang berada  dijalan gunung pandau kecamatan paringin dan tepatnya dibelakang  Garuda maharam Komplek kediaman pejabat pemkab Balangan.

Bupati Balangan H Ansharuddin I menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Balangan dalam melakukan pembangunan kebun Raya mengandeng pihak kebun Raya Bogor dan menggandeng LIPI untuk melakukan pembangunan serta  penelitian terkait dengan potensi kekayaan hutan dikabupaten Balangan

"Kerja sama antara pemerintah daerah bersama LIPI dan kebun raya bogor  ini merupakan salah satu tindakan nyata dari pemerintah Kabupaten Balangan guna memaksimalkan potensi alam balangan untuk ditanam dikebun raya nantinya "Ucap Bupati.

Selain itu , Kata Bupati, kebun raya ini nantinya akan menjadi wahana rekreasi alam  bagi masyarakat balangan yang segaligus menjadi pemasukan PAD disektor pariwisata.

Diungkapkan Bupati juga, bahwa dalam hal pendanaan pembangunan kebun raya ini seluruhnya didanai oleh pihak Kebun raya bogor dan pemkab sendiri hanya menyediakan tempat atau lahan.

"Meski seluruh pembanguan kebun raya dibantu oleh pihak kebun raya bogor ,semua pengawasan dan perencanaan pembangunan tetap kita minta, namun saya yakin kebun raya ini mampu menjadikan balangan lebih maju lagi dari segi pengembangan daerah,"Jelasnya
Sementara, Kepala Balitbangda Balangan , Akhriani mengatakan, dari hasil penelitian yang telah dilakukan LIPI belum lama tadi diperoleh survei  bahwa kabupaten Balangan layak dibangun kebun Raya.

Dari data nya, Balangan banyak memiliki posisi yang sangat strategis serta potensi yang sangat besar,"Tumbuh-tumbuhan dihutan balangan sangat beragam dari tanaman kayu, buah-buahan dan tanaman obat, ini bila dikembangkan didalam kebun raya,"bebernya.

Nantinya, lanjut Akhriani, hasil penelitain dari LIPI ini di gunakan sebagai rekomendasi dan dijadikan sebuah gambaran dalam melakukan perencanaan pembangunan di Kabupaten Balangan utamanya di kawasan kebun Raya atau Hutan Kota.

No comments:

Post a Comment

Waspada Kematian Bayi Masyarakat khususnya para orang tua, dimintai mewaspadai pada bulan februari sampai April mendatang. ...